Multimedia merupakan salah satu bentuk teknologi komputer yang saat ini banyak digunakan dalam bidang pendidikan. Mulmedia mencakup berbagai media dalam satu perangkat lunak (software).
Elemen – elemen multimedia yang menggabungkan beberapa komponen seperti warna, teks, animasi, gambar/grafik, suara dan video sangat menunjang dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa yang memiliki kemampuan kognitif yang berbeda. Konsep multi media menurut Mayer (dalam Rahayu, jurnal Pendidikan dan Budaya) meliputi 3 Level yaitu :
1. Level teknis yang berkaitan dengan alat – alat teknik. alat – alat ini dapat dianggap sebagai kendaraan pengangkut tanda – tanda (signs).
2. Level semiotik yang berkaitan dengan bentuk representasi yaitu teks gambar atau grafik, bentuk ini dapat dianggap sebagai tanda (type of signs)
3. Level sensorik yaitu berkaitan dengan saluran sensorik yang berfungsi untuk menerima tanda (signs)
Gardner (dalam Rahayu, jurnal Pendidikan dan Budaya) mengemukakan bahwa kemampuan memproses informasi itu dalam bentuk tujuh kecerdasan, yaitu :
1. Logis – Matematis
2. Spasila
3. Linguistik
4. Kinestetik – keperagaan
5. Musik
6. Interpersonal
7. Inrapersonal
SINTAKMATIK
a. Tahap Orientasi
• Menghadirkan topik secara umum dari multimedia interaktif dan konsep yang akan disajikan pada multimedia interaktif.
• Menjelaskan aturan atau aktifitas peserta saat bernvfigasi.
• Memberi sedikit penjelasan mengenai isi multimedia interaktif.
b. Tahap persiapan pelatihan
• Mengatur skenario (aturan main, peran yang diharapkan, prosedur kerja, penilaian dan tujuan)
• Menentukan peran yang diharapkan saat pembelajaran berlangsung.
c. Tahap pengoperasian Simulasi
• Melaksanakan proses pembelajaran
• Memberi umpan balik dan evaluasi
• Mengklarifikasi miskonsepsi pada peserta
d. Tahap penguatan atau Pendalaman peserta
• Membuat kesimpulan dari aktifitas dan persepsi peserta
• menghimpun kesulitan peserta
Kelebihan :
1. Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif
2. Mampu memberikan rasa senang dalam pembelajaran berlangsung, sehingga akan menambah motivasi belajar siswa.
3. Mampu memvisualisasikan materi yang abstrak.
4. Media penyimpanan yang relatif gampang dan fleksibel
5. Menampilkan objek yang terlalu besar pada kelas
6. Menampilkan objek yang tidak dapat dilihat langsung.
Kekurangan :
1. Biaya relatif mahal untuk tahap awal.
2. Kemampuan SDM dalam penggunaan multimedia masih perlu ditingkatkan.
3. Belum memadainya perhatian dari pemerintah
4. Belum memadainya infrastruktur untuk daerah tertentu.
0 comments:
Post a Comment