-->
A Blog to Remember : Indah Shalie

Pages

  • Home

Friday, January 27, 2012

Pembelajaran Multimedia

Multimedia merupakan salah satu bentuk teknologi komputer yang saat ini banyak digunakan dalam bidang pendidikan. Mulmedia mencakup berbagai media dalam satu perangkat lunak (software).
 

Elemen – elemen multimedia yang menggabungkan beberapa komponen seperti warna, teks, animasi, gambar/grafik, suara dan video sangat menunjang dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa yang memiliki kemampuan kognitif yang berbeda. Konsep multi media menurut Mayer (dalam Rahayu, jurnal Pendidikan dan Budaya) meliputi 3 Level yaitu :
1.    Level teknis yang berkaitan dengan alat – alat teknik. alat – alat ini dapat dianggap sebagai kendaraan pengangkut tanda – tanda (signs).
2.    Level semiotik yang berkaitan dengan bentuk representasi yaitu teks gambar atau grafik, bentuk ini dapat dianggap sebagai tanda (type of signs)
3.    Level sensorik yaitu berkaitan dengan saluran sensorik yang berfungsi untuk menerima tanda (signs)
 

Gardner (dalam Rahayu, jurnal Pendidikan dan Budaya) mengemukakan bahwa kemampuan memproses informasi itu dalam bentuk tujuh kecerdasan, yaitu :
1.    Logis – Matematis
2.    Spasila
3.    Linguistik
4.    Kinestetik – keperagaan
5.    Musik
6.    Interpersonal
7.    Inrapersonal
 

SINTAKMATIK
a.    Tahap Orientasi
•    Menghadirkan topik secara umum dari multimedia interaktif dan konsep yang akan disajikan pada multimedia interaktif.
•    Menjelaskan aturan atau aktifitas peserta saat bernvfigasi.
•    Memberi sedikit penjelasan mengenai isi multimedia interaktif.
b.    Tahap persiapan pelatihan
•    Mengatur skenario (aturan main, peran yang diharapkan, prosedur kerja, penilaian dan tujuan)
•    Menentukan peran yang diharapkan saat pembelajaran berlangsung.
c.    Tahap pengoperasian Simulasi
•    Melaksanakan proses pembelajaran
•    Memberi umpan balik dan evaluasi
•    Mengklarifikasi miskonsepsi pada peserta
d.    Tahap penguatan atau Pendalaman peserta
•    Membuat kesimpulan dari aktifitas dan persepsi peserta
•    menghimpun kesulitan peserta
 

Kelebihan :
1.    Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif
2.    Mampu memberikan rasa senang dalam pembelajaran berlangsung, sehingga akan menambah motivasi belajar siswa.
3.    Mampu memvisualisasikan materi yang abstrak.
4.    Media penyimpanan yang relatif gampang dan fleksibel
5.    Menampilkan objek yang terlalu besar pada kelas
6.    Menampilkan objek yang tidak dapat dilihat langsung.
 

Kekurangan :
1.    Biaya relatif mahal untuk tahap awal.
2.    Kemampuan SDM dalam penggunaan multimedia masih perlu ditingkatkan.
3.    Belum memadainya perhatian dari pemerintah
4.    Belum memadainya infrastruktur untuk daerah tertentu.

Posted by INDAH SHALIE at 1:41 AM
Email ThisBlogThis!Share to XShare to Facebook
Labels: ipm, uas

0 comments:

Post a Comment

About Me :)

  • INDAH SHALIE
  • Indah Shalie

Contact Me ~

Followers

Follow Me, thanks :)

Tweets by @indahshalie

Kunjungi mereka juga yaa :)

  • Diary Lily Putih
    The Wedding Day
    3 years ago
  • Lompat. Lompat. Lompat.
    Gimana rasanya mendarat di bulan?
    9 years ago
  • All about korean drama : Queen Bee
    Header for everyone
    10 years ago
  • Tutorial Bina Blog
    Freebies Muslimah
    13 years ago
  • Coco's blog
    RPP
    13 years ago
Penguin Grumpy Mad Kawaii
Back to top

Search This Blog

Total Pageviews

Blog Archive

  • ►  2021 (1)
    • ►  May (1)
  • ►  2019 (2)
    • ►  March (1)
    • ►  February (1)
  • ►  2018 (5)
    • ►  December (5)
  • ►  2017 (3)
    • ►  April (3)
  • ►  2016 (1)
    • ►  January (1)
  • ►  2015 (9)
    • ►  May (1)
    • ►  March (1)
    • ►  February (2)
    • ►  January (5)
  • ►  2014 (12)
    • ►  December (4)
    • ►  November (1)
    • ►  August (1)
    • ►  July (3)
    • ►  May (1)
    • ►  April (2)
  • ►  2013 (17)
    • ►  October (4)
    • ►  July (1)
    • ►  March (1)
    • ►  February (4)
    • ►  January (7)
  • ▼  2012 (32)
    • ►  October (2)
    • ►  August (3)
    • ►  July (3)
    • ►  June (1)
    • ►  May (1)
    • ►  April (1)
    • ►  March (1)
    • ►  February (5)
    • ▼  January (15)
      • RPP JIGSAW
      • Cooperative Learning TGT !!
      • Coperative Learning NHT (Numbering Head Together)
      • Pembelajaran Multimedia
      • Pembelajaran Berbasis Masalah
      • Cooperative Learning TAI !!
      • PAIKEM !!
      • Quantum Teaching
      • Konstruktivistik !!
      • Cooperative Learning Think Pair Share !!
      • Cooperative Learning JIGSAW !!
      • SPM !!
      • Hanya Berkomentar :)
      • IPM LAGI !
      • Turnamen Futsal AntarKelas Matematika Semester Tiga !
  • ►  2011 (34)
    • ►  December (6)
    • ►  September (10)
    • ►  July (1)
    • ►  June (4)
    • ►  May (4)
    • ►  April (2)
    • ►  February (4)
    • ►  January (3)
  • ►  2010 (48)
    • ►  December (3)
    • ►  November (6)
    • ►  October (5)
    • ►  September (5)
    • ►  August (7)
    • ►  July (22)

Labels

abaikan about me ASAL be strong bego criss dancing HAHA happy hurahura hurt icip ipm iseng kodok tuing tuing komputasi KULIAH lyric MUAH PPM random RPP SAD sarap smile spm traveling uas yeyeye

Popular Posts :)

  • RPP JIGSAW
    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan        :    Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran               :     Matematika ...
  • BEKAL MOS ADE GUE ! hha :DD
    Senin . hari petama : . Bekal makanan bebas => nasi bebas . . Air bening => air mineral :) . Wafer Mesir => chocolatos ! geje tu...
Powered by Blogger.