Think Pair Share memiliki prosedur secara eksplisit dapat memberi siswa waktu lebih banyak untuk berpikir, menjawab, saling membantu satu sama lain. Dengan cara ini siswa diharapkan mampu bekerja sama, saling membutuhkan, dan saling bergantung pada kelompok-kelompok kecil secara kooperatif.
Agar model TPS ini efektif, hendaknya siswa dilibatkan untuk mengamatan langsung agar berkembang daya kritisnya. Model ini memberi kesempatan siswa untuk berpikir yaitu bekerja sendiri sebelum bekerjasama dengan kelompoknya dan berbagi ide. Peningkatan kemampuan berpikir siswa akan meningkatkan hasil belajar atau prestasi belajar siswa dan kecakapan akademiknya.
SINTAKMATIK :
*Think (berpikir) :
guru mengajukan pertanyaan atau isu yang berkembang dengan pelajaran kemudian siswa diminta memikirkan pertanyaan atau isu tersebut secara mandiri untuk beberapa saat.
*Pairing :
guru meminta siswa berpasangan dengan siswa lain untuk mendiskusikan apa yang telah dipikirkan dalam tahap pertama.
*Share (berbagi pendapat berpasangan) :
guru menyuruh kepada pasangannya untuk berbagi dengan seluruh kelas tentang apa yang telah mereka bicarakan. Ini efektif dilakukan dengan cara bergiliran pasangan sampai sekitar seperempat telah mendapat kesempatan.
0 comments:
Post a Comment