-->
A Blog to Remember : Indah Shalie

Pages

  • Home

Friday, January 27, 2012

Pembelajaran Berbasis Masalah

Pembelajaran Berdasarkan Masalah adalah suatu model pembelajaran yang didasarkan pada prinsip menggunakan masalah sebagai titik awal akuisisi dan integrasi pengetahuan baru. Dalam Pembelajaran Berdasarkan Masalah , pemecahan masalah didefinisikan sebagai proses atau upaya untuk mendapatkan suatu penyelesaian tugas atau situasi yang benar benar nyata sebagai masalah dengan menggunakan aturan – aturan yang sudah diketahui. 
Jadi model ini lebih memfokuskan pada masalah kehidupan nyata yang bermakna bagi siswa.
 

SINTAKMATIK : Ada 5 langkah utama (Widyastuti Akhmadan) yaitu :

Tahap – 1
Orientasi siswa pada  masalah

Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistik yang dibutuhkan, mengajukan fenomena atau demonstrasi atau cerita untuk memunculkan masalah, memotivasi siswa untuk terlibat dalam pemecahan masalah yang dipilih.
Tahap – 2
Mengorganisasi siswa untuk belajar

Guru membantu siswa untuk mendefinisikan dan mengorganisaasi tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut.
Tahap – 3
Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok

Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah.
Tahap – 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Guru membantu siswa dalam merencanakan karya yang sesuai seperti laporan, video, dan model serta membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya.
Tahap – 5
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses – proses yang mereka gunakan.

Kelebihan
1.    Pemecahan masalah merupakan teknik yang cukup bagus untuk lebih memahami isi bacaan.
2.    Dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa.
3.    Membantu siswa bagaimana bagaimana mentransfer pengetahuan mereka untuk memahami masalah dalam kehidupan siswa
4.    Membantu siswa untuk mengembangkan pengetahuan barunya dan bertanggung jawab dalam pembelajaran yang mereka lakukan.
5.    Pemecahan masalah dianggap lebih menyenangkan dan disukai siswa.
6.    Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan yang mereka miliki dalam dunia nyata.
7.    Pemecahan masalah dapat mengembangkan minat siswa untuk secara terus menerus belajar, sekalipun belajar pada pendidikan formal telah berakhir.
 

Kekurangan
1.    Manakala siswa tidak memiliki minat atau tidak mempunyai kepercayaan bahwa masalah yang dipelajari sulit untuk dipecahkan, maka mereka akan mearasaenggan untuk mencoba.
2.    Keberhasilan strategi pembelajaran berbasis masalah membutuhkan cukup waktu untuk persiapan.
3.    Tanpa pemahaman mengapa mereka berusaha untuk memecahkan masalah yang sedang dipelajari, maka meraka tidak akan belajar apa yang mereka ingin pelajari.
Posted by INDAH SHALIE at 1:38 AM
Email ThisBlogThis!Share to XShare to Facebook
Labels: ipm, uas

0 comments:

Post a Comment

About Me :)

  • INDAH SHALIE
  • Indah Shalie

Contact Me ~

Followers

Follow Me, thanks :)

Tweets by @indahshalie

Kunjungi mereka juga yaa :)

  • Diary Lily Putih
    The Wedding Day
    3 years ago
  • Lompat. Lompat. Lompat.
    Gimana rasanya mendarat di bulan?
    9 years ago
  • All about korean drama : Queen Bee
    Header for everyone
    10 years ago
  • Tutorial Bina Blog
    Freebies Muslimah
    13 years ago
  • Coco's blog
    RPP
    13 years ago
Penguin Grumpy Mad Kawaii
Back to top

Search This Blog

Total Pageviews

Blog Archive

  • ►  2021 (1)
    • ►  May (1)
  • ►  2019 (2)
    • ►  March (1)
    • ►  February (1)
  • ►  2018 (5)
    • ►  December (5)
  • ►  2017 (3)
    • ►  April (3)
  • ►  2016 (1)
    • ►  January (1)
  • ►  2015 (9)
    • ►  May (1)
    • ►  March (1)
    • ►  February (2)
    • ►  January (5)
  • ►  2014 (12)
    • ►  December (4)
    • ►  November (1)
    • ►  August (1)
    • ►  July (3)
    • ►  May (1)
    • ►  April (2)
  • ►  2013 (17)
    • ►  October (4)
    • ►  July (1)
    • ►  March (1)
    • ►  February (4)
    • ►  January (7)
  • ▼  2012 (32)
    • ►  October (2)
    • ►  August (3)
    • ►  July (3)
    • ►  June (1)
    • ►  May (1)
    • ►  April (1)
    • ►  March (1)
    • ►  February (5)
    • ▼  January (15)
      • RPP JIGSAW
      • Cooperative Learning TGT !!
      • Coperative Learning NHT (Numbering Head Together)
      • Pembelajaran Multimedia
      • Pembelajaran Berbasis Masalah
      • Cooperative Learning TAI !!
      • PAIKEM !!
      • Quantum Teaching
      • Konstruktivistik !!
      • Cooperative Learning Think Pair Share !!
      • Cooperative Learning JIGSAW !!
      • SPM !!
      • Hanya Berkomentar :)
      • IPM LAGI !
      • Turnamen Futsal AntarKelas Matematika Semester Tiga !
  • ►  2011 (34)
    • ►  December (6)
    • ►  September (10)
    • ►  July (1)
    • ►  June (4)
    • ►  May (4)
    • ►  April (2)
    • ►  February (4)
    • ►  January (3)
  • ►  2010 (48)
    • ►  December (3)
    • ►  November (6)
    • ►  October (5)
    • ►  September (5)
    • ►  August (7)
    • ►  July (22)

Labels

abaikan about me ASAL be strong bego criss dancing HAHA happy hurahura hurt icip ipm iseng kodok tuing tuing komputasi KULIAH lyric MUAH PPM random RPP SAD sarap smile spm traveling uas yeyeye

Popular Posts :)

  • RPP JIGSAW
    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan        :    Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran               :     Matematika ...
  • BEKAL MOS ADE GUE ! hha :DD
    Senin . hari petama : . Bekal makanan bebas => nasi bebas . . Air bening => air mineral :) . Wafer Mesir => chocolatos ! geje tu...
Powered by Blogger.