Yang menonjol dalam NHT adalah membentuk peserta didik belajar dalam kelompok kelompok kecil. Ciri khas NHT adalah guru hanya menunjuk seorang peserta didik dengan menyebutkan salah satu nomor yang mewakili kelompoknya untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. Sehingga masing-masing anggota kelompok harus paham dengan hasil kerja kelompoknya.
SINTAKMATIK
1. Penomoran (Numbering)
guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 4-5 siswa dan memberi nomor sehingga tiap siswa dalam kelompok tersebut nomornya berbeda.
2. Pengajuan Pertanyaan (Questioning)
guru mengajukan pertanyaan kepada siswa mulai yang spesifik hingga yang bersifat umum.
3. Berpikir Bersama (Head Together)
siswa berpikir bersama untuk menggambarkan dan meyakinkan bahwa tiap anggota dalam timnya telah mengetahui jawaban tersebut.
4. Pemberian Jawaban (Answering)
guru memanggil satu nomor tertentu kemudian siswa dari tiap kelompok dengan nomor sama mengangkat tangan dan menyiapkan jawaban untuk seluruh siswa dalam kelas itu.
0 comments:
Post a Comment