Menurut konstruktivisme, pengetahuan dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit, yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas dan tidak sekonyong konyong. pengetahuan bukanlah seperangkat fakta, konsep, atau kaidah yang siap untuk diambil dan diingat. Manusia harus mengkonstruk pengetahuan itu dan memberi makna melalui pengalaman nyata.
SINTAKMATIK :
*mengaitkan pembelajaran dengan pengetahuan awal yang telah dimiliki siswa, sehingga pengetahuan akan dikonstruk siswa secara bermakna.
*mengintegrasikan pembelajaran dengan situasi realistik dan relevan, sehingga siswa terlibat secara emosional dan sosial.
*menyediakan berbagai alternatif pengalaman belajar(pernyataan terbuka/menyediakan masalah).
*mendorong interaksi dan kerjasama dengan orang lain atau lingkungannya. Mendorong terjadinya konstruksi pengetahuan baru yang dipelajarinya.
*mendorong penggunaan berbagai representasi ide (dalam bentuk benda konkrit, gambar, simbol, bahasa).
*mendorong peningkatan kesadaran pengetahuan melalui refleksi diri.
0 comments:
Post a Comment